• ads

1500 Pelajar Al Uswah Belajar Manasik Haji

By admin1
In Berita
September 19, 2016
0 Comments
357 Views
Peserta saat melempar jumrah

Peserta saat melempar jumrah

Aluswahtuban.com – “Labbaika Allahumma labbaik, labbaik laa syarika labbaik, innal hamda wanni’mata laka wal mulk, laa syarii kalak,”

Do’a talbiyah itu terdengar ramai diucapkan oleh 1500 pelajar Al Uswah Tuban di lapangan Kompi senapan C Tuban, Sabtu, (10/09/2016). Praktek manasik haji itu, diikuti dari jenjang pendidikan Al Uswah Tuban mulai dari Taman Asuh Islam Terpadu (TAIT), PGIT, TKIT, dan SDIT Al Uswah Tuban.

Sebelum di mulai, para siswa berkumpul sejak pagi di lokasi tersebut. Selanjutnya mereka berkumpul sesuai dengan ‘kloter’ yang telah ditentukan. Kemudian menuju tempat bandara (tiruan, red) yang disiapkan, dan berlanjut ‘terbang’ menggunakan pesawat ke tanah suci.

Serangkaian rukun Islam ke lima di lakukan oleh anak – anak itu, sambil mengenakan baju ihram. Mulai berkumpul di lokasi atau ‘miniatur’ padang Arafah untuk melakukan wukuf.

Tak hanya itu, praktik manasik disambung ‘bermalam’ di Muzdalifah, melempar jumrah, tahalul, dan thawaf atau mengelilingi kaabah. Hingga pada puncaknya melakukan sa’i atau berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwa.

Peserta latihan manasik Haji

Peserta latihan manasik Haji

“Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memperkenalkan ibadah haji kepada siswa sejak usia dini,” terang Ustazah Rahayu, penanggung jawab kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini di ikuti kurang lebih sekitar 1500 siswa dari jenjang terendah Al Uswah hingga SDIT. Selain itu, pesertanya juga mengundang PAUD sahabat dari Kecamatan Tuban.

“Latihan seperti ini cukup efektif untuk memperkenalkan rukun islam pada siswa sejak usia dini. Karena selain memberikan pemahaman pada diri siswa, siswa nantinya juga mengetahui kewajibanya sebagai seorang muslim,” ungkap Ustazah Rahayu yang juga kepala TKIT Al Uswah Tuban.

Lebih lanjut, belajar dengan praktek langsung itu lebih baik. Karena memori anak – anak masih kuat untuk merekam adegan per adegan dari latihan ibadah haji ini.

“Ketika sudah besar, meraka masih ingat latihan ini,” pungkasnya. (Crew)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *