171717

By admin1
In LPIT Al Uswah
August 17, 2017
0 Comments
190 Views

1717aluswahtuban.com- Setiap angka memiliki makna dan falsafat tertentu. Setiap yang diciptakan oleh Tuhan sebagai sang penguasa alam. Tak terkecuali angka 17 yang telah familiar dalam khazanah leluhur bangsa dan islam. Angka 17 ini kalau dilihat dari nilai historis bangsa Indonesia dan umat Islam mempunyai makna dan arti yang sangat berarti sekali.

Dalam amanah upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72 tahun, Kepala Sekolah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Uswah Tuban, Ustaz Mulyadi, mengatakan, ada tiga 17 yang menarik dan mempunyai makna yang baik. Tentunya menjadi renungan kita bersama di hari yang bersejarah ini. Menjadi momentum kebangkitan kita menjadi anak bangsa yang berkarakter mulia.

Di 17 Agustus 2017 ini telah 72 tahun Indonesia merdeka dari penjajah. Kita wajib mensyukuri dengan bekerja bersama membangun negeri dan mendoakan para pahlawan yang telah berjuang membangun bangsa. Namun, kita juga perlu waspada atas penjajahan bangsa lain yang hendak menjajah bangsa kita melalui ideologi dan kebudayaan kita. Jangan sampai generasi kita terkontaminasi oleh bangsa lain yang destruktif. Ujarnya di lapangan atas SDIT Al Uswah Tuban Kamis, (17/7/2017) pagi.

Angka 17 yang pertama yakni sejarah heroik putra bangsa Indonesia dalam memenangkan perang dari penjajah. Pasalnya, dalam wawasan kebangsaan 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Indonesia yang terlepas dari penjajahan dunia. Momen dimana bangsa Indonesia melalui Founding Father Soekarno dan Moh. Hatta memprokmasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Meskipun masih terdapat beberapa gesekan kecil yang terjadi di bumi Nusantara pasca-proklamasi.

Angka 17 yang kedua, diturunkannya Alquran ke dunia oleh Allah kepada Muhammad SAW. Bertepatan dengan tanggal 17 Ramadan, yaitu peristiwa turunnya Alquran yang dikenal dengan peristiwa Nuzulul Quran. Alquran yang merupakan kitab suci umat Islam dan sebagai petunjuk (hudan) bagi umat Islam sedunia. Bulan suci umat muslim, bulan yang sangat mulia. Tiada kebetulan Allah menurunkan tepat di tanggal 17 Ramadan. Pasti ada makna dan pesan yang terkandung didalamnya. Hal ini akan memberikan makna yang sangat berarti sekali bagi kita sebagai orang yang beriman, karena semua kejadian ini terdapat hikmah dibaliknya.

1717171Angka 17 yang ketiga, jumlah rakaat salat dalam sehari semalam. Memerdekakan manusia dari kemusrikan menuju pengabdian yang hak yaitu pada Allah SWT. Disamping itu, kalau dilihat dari angka surah dalam Alquran angka 17 adalah surah al Isra (diperjalankan). Dalam konteks surah ini erat hubungannya sebuah peristewa yang terjadi pada Muhammad SAW yaitu peristiwa Isra dan Mi’raj. Dimana dalam peristiwa ini puncaknya adalah kewajiban salat lima waktu bagi umat Islam.

Ustaz Mulyadi mengatakan, ketika salat lima waktu kita telah tuntas. Maka nurasi dan jiwa kita akan terasa damai. Sebab salat dapat mencegah manusia dari perbuatan keji dan mungkar. Salat merupakan tiang agama. Kokohnya iman dan hati manusia tak lepas dari kuatnya  hati dak khusu’nya salat. Marilah kita semua menegakkan agama Allah dengan menjadi manusia yang bertakwa. Ujarnya. (fah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *