• ads

Alat Permainan Edukatif (APE) tak Harus Mahal dan Baik Buat Siswa

By admin1
In Berita
February 13, 2018
0 Comments
133 Views

       IMG-20180212-WA0026Aluswah.com-Dunia pendidikan anak usia dini adalah sebuah dunia yang tidak bisa terlepas dari bermain dan berbagai alat permainan untuk anak-anak. Salah satu sarana yang juga menjadi sumber belajar bagi anak usia dini adalah APE atau Alat Permainan Eduktif.

    Alat ini bisa didapatkan dengan membelinya dari produsen alat permainan anak atau bisa juga membuat sendiri. Namun sekarang kebanyakan para penyelenggara PAUD lebih memilih untuk membeli alat-alat permainan sebagai sumber belajar anak karena memang lebih mudah dan ekonomis.

        Hal tersebut sebenarnya akan menumbuhkan budaya konsumtif serta dapat melemahkan daya kreativitas guru PAUD dalam penyelenggaran pendidikan yang berkualitas bagi anak.

          Untuk meningkatkan kreativitas guru PAUD, himpaudi kecamatan Tuban mengadakan kegiatan  workshop pembuatan APE dari barang bekas. Acara yang dilaksanakan pada Kamis, 8 Februari 2018 dan bertempat di Aula UPTD Kecamatan Tuban itu dihadiri oleh para pendidik KB dan TPA se-Kecamatan Tuban.

          Dalam acara tersebut Al Uswah mengirimkan empat perwakilannya yaitu Ustazah Susi, Ustazah Lily dari TPA IT, Ustazah Luluk dan Ustazah Wulan dari KBIT. Alat permainan yang dibuat adalah  peralatan rumah tangga yaitu televisi dan kulkas. Mengapa kedua benda itu? Ya karena anak-anak hampir setiap hari berinteraksi dengan kedua benda tersebut.

         Di dalam aplikasinya nanti alat permainan tersebut bisa digunakan untuk sentra peran, dengan alat itu anak-anak bisa berimajinasi, berlatih untuk menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda di sekitar yang dikenalnya misalnya nama, warna, bentuk dan ukuran. Selain itu dari segi bahasa akan menambah kosakata yang dimiliki anak-anak.

         Alhamdulillah APE yang dibuat oleh tim Al Uswah berhasil menjadi APE yang terbaik dari semua peserta. Yang terpenting dari sebuah APE bukanlah seberapa mahalnya permainan yang disuguhkan para guru, namun seberapa bermanfaat permainan yang kita berikan untuk menstimulasi setiap tahap tahap perkembangannya. Karena alat permainan edukatif adalah sebuah alat permainan dimana dalam praktiknya anak yang harus aktif memainkan, apabila dalam praktiknya guru lebih aktif maka itu bukan lagi bernama APE tapi alat peraga. Semoga bermafaat. (crew/TPAIT/ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *