• ads

Bahaya Sampah Plastik

By admin1
In Adiwiyata
March 28, 2018
0 Comments
51 Views

oleh: Masruhin Bagus, M.A
PPenggunaan plastik atau alat apa saja yang berbahan plastik memang tidak bisa dihindarkan. Hampir seluruh kebutuhan manusia tidak lepas dari bahan plastik. Mulai dari kantong plastik, botol minuman plastik, piring plastik, perabot rumah tangga plastik, dan lain-lain. Mengindari sama sekali bukan hal yang mudah. Tapi setidaknya kita dapat mengurangi penggunaan barang yang berbahan plastik supaya sampah plastik tidak semakin banyak dan tidak terkendali.

Dewasa ini sampah plastik menjadi perhatian masyarakat dunia. Keberadaan sampah plastik dinilai sangat berbahaya dan tidak terkendali. Sebagaimana sebuah berita yang dimuat di National Geographic dua hari yang lalu, menyatakan bahwa dalam kurun waktu enam tahun, sampah plastik semakin “menguasai” Laut Pasifik Selatan, yang nyaris kekal dan tak bisa dihilangkan. Hal ini tentunya sangat berbahaya. Kita juga bisa melihat di sekeliling kita, laut, pantai, atau sungai yang ada di sekitar kita. Dipastikan penuh dengan sampah plastik.

Sampah plastik adalah salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup. Pembuangan limbah sampah plastik berupa kantong plastik, bekas botol minuman plastik, dan lain sebagainya telah menjadi sampah yang berbahaya dan sulit dikelola.

Lalu, bahaya apa saja yang disebabkan limbah plastik bagi lingkungan hidup? Plastik merupakan sampah yang sulit diurai, dibutuhkan waktu 1000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. Ini adalah sebuah waktu yang sangat lama. Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah.

Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.

Sampah plastik juga penyebab banjir, karena menyumbat saluran-saluran air, tanggul. Sehingga mengakibatkan banjir bahkan yang terparah merusak turbin waduk.

Diperkirakan, 500 juta hingga satu miliar kantong plastik digunakan di dunia tiap tahunnya. Jika sampah-sampah ini dibentangkan maka, dapat membungkus permukaan bumi setidaknya hingga 10 kali lipat! Coba anda bayangkan begitu fantastisnya sampah plastik yang sudah terlampau menggunung di bumi kita ini. Dan tahukah anda? Setiap tahun, sekitar 500 milyar – 1 triliyun kantong plastik digunakan di seluruh dunia.

Diperkirakan setiap orang menghabiskan 170 kantong plastik setiap tahunnya (coba kalikan dengan jumlah penduduk kotamu!) Lebih dari 17 milyar kantong plastik dibagikan secara gratis oleh supermarket di seluruh dunia setiap tahunnya. Kantong plastik mulai marak digunakan sejak masuknya supermarket di kota-kota besar.
Apa yang harus kita lakukan?

Kurangi penggunaan kantong plastik sekarang juga dan gunakan tas kain setiap kali berbelanja. Jika hanya membeli sedikit, masukan barang belanjaan ke dalam tas. Ingatkan orang rumah atau teman kamu untuk selalu membawa tas kain saat belanja. Hubungi supermarket, mall dan toko buku langganan kamu untuk berhenti memberikan kantong plastik.*

*Diolah Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *