• ads

Dompet Sosial Al Uswah (DSU) Tuban Setia Berbagi Cinta

By admin1
In Berita
April 10, 2018
0 Comments
116 Views

FB_IMG_1521267091398 Sebagai sebuah program yang bergerak di bidang sosial, sudah menjadi kewajiban DSU Tuban untuk terus berbagi cinta dan kebahagiaan dengan saudara-saudara yang membutuhkan. Berbagai program pun telah digalakkan untuk kemaslahatan ummat. Di antaranya ;
1.Peresmian Masjid Sabilillah
Masjid Sabilillah merupakan salah satu masjid yang berada di Kecamatan Plumpang yang cukup memprihatinkan. Mengapa? Karena masjid yang sejatinya adalah rumah Allah ini lambat laun setelah masjid ini selesai pembangunannya rumah Allah ini ditinggalkan begitu saja oleh jamaahnya, sehingga menjadikannya ditumbuhi banyak tanaman dan terkesan tidak terawat.

Berdasarkan keadaan di atas, DSU bersinergi kembali dengan yayasan Sabilillah untuk menghidupkan kembali rumah Allah itu. Sebab tidak boleh ada aset umat yang sia-sia, ditambah lagi letak masjid ini bisa dikatakan cukup strategis sebagai wadah dakwah baik untuk warga sekitar maupun orang yang safar. Apalagi total lahan yang tersedia seluas 10 Ha. Akan sangat sayang jika lahan seluas itu jika tidak dimanfaatkan.

Dalam upaya menghidupkan masjid ini DSU berupaya mengajak seluruh elemen, mulai dari berbagai ummat, Dishub, Polsek setempat, Organisasi masyarakat Islam, Pramuka dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk kedepannya masalah yang akan dihadapi oleh ummat adalah pangan, energi, lingkungan, dan karakter. Untuk itulah rencana jangka panjang Masjid Sabilillah adalah disetting sebagai bumi perkemahan religi, menerapkan konsep ecogreen, menjadi wahana menanam berbagai jenis tanaman, dan tentu sebagai pusat kajian tentang berbagai ilmu agama.

FB_IMG_1521267162892
2.DSU Peduli Pendidikan dan Pembedayaan
Bekerja sama dengan Komunitas Widia Muda program yang telah terlaksana adalah peresmian perpustakaan atau taman baca Widia Muda di Desa Watu Kuwo Kecamatan Montong. Lalu pembagian pembagian bibit jeruk nipis di Desa Genaharjo Kecamatan Semanding.

FB_IMG_15212443838653.DSU Tuban Peduli Kasih
DSU telah membagikan sembako di desa tuwiri wetan kecamatan Merak Urak dan Kedung Jambe Bangilan.

FB_IMG_15212449693504.DSU Tanggap Bencana
Banjir yang melanda kecamatan Rengel juga tak luput dari sentuhan DSU. Bantuan DSU Insya Allah dapat meringankan penderitaan saudara-saudara di desa Ngadirejo.

Agenda terdekat yang akan dilaksanakan kembali oleh DSU adalah bersih-bersih pantai, mengingat Tuban adalah salah satu kota di pesisir dan banyak sekali yang mengandalakan pantai sebagai obyek wisata. Namun pada kenyataannya keadaan pantai di Tuban sangatlah memprihatikan dengan adanya banyak sampah. Program yang diberi nama DSU Peduli Lingkungan ini adalah kerja sama DSU dengan TCH (Tuban Creatif Hub) dan OPEL (Organisasi Peduli Lingkungan). Semoga program-program DSU dapat memberikan manfaat kepada masayarakat yang lebih luas lagi. (crew/Na/ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *