• ads

Gigiku Bersih dan Sehat

By admin1
In Berita
August 31, 2016
0 Comments
375 Views

Pagi itu terlihat anak-anak berlari kecil menuju tempat berwudhu sambil membawa perlengkapan untuk mengosok gigi. Mereka bersemangat untuk menggosok gigi bersama-sama. Hari itu,Senin tanggal 22 Agustus 2016 anak-anak berkumpul di halaman sekolah, mereka  serius mendengarkan penjelasan ibu dokter, beliau adalah Ibu Drg. Heni Purnomo Wati yang bertugas di Puskesmas Kota Tuban.  Beliau menjelaskan bahwa sikat gigi yang tepat adalah yang betangkai lurus dan  bulu sikatnya rata . Tentang sikat sendiri ada tiga macam, yaitu medium, hard dan soft. Untuk anak-anak pilihlah yang bertulis anak-anak, sikat yang kecil dan soft(lembut). Untuk dewasa pilihlan yang bertulis medium atau sedang,  jika memilih yg hard akan melukai gusi sehingga gusi bisa berdarah, tetapi jika memilih yang soft, hasil menggosok gigi tidak akan maksimal sehingga ada sisa makanan yang akan menempel pada sela-sela gigi. Nah, berapa lamakah kita perlu mengganti sikat gigi kita? Menurut beliu setiap 3 bulan kita harus mengganti sikat gigi kita.

        Bagaimana cara menggosok gigi yang bernar? Berikut ini caranya :

  1. Cuci tangan dengan air mengalir,karena air yang mengendap terdapat banyak kuman
  2. Ambil sikat gigi dan cuci dengan air yang mengalir juga
  3. Oles sikat dengan pasta gigi
  4. Ratakan pasta gigi dengan tangan supaya tidak jatuh,hal ini dapat dilakukan karena tangan sudah bersih

       Untuk pemilihan pasta gigi, gunakan pasta gigi yang bertuliskan fluoride , karena dalam fluoride terdapat zat yang dapat melapisi gigi supaya gigi tidak mudah berlubang.

Cara menggosok gigi yang benar menurut Beliau adalah untu gigi bagian atas, menyikat gigi dari arah gusi ke gigi, dengan tujuan untuk memijat gigi supaya aliran darah lancar sehingga gusi tidak mudah radang.  Dan untuk bagian dalam, sikat bagian gusi kea rah gigi dengan posisi batang sikat keluar. Demikian pula  untuk gigi bagian bawah, menyikatnya dari gusi ke arah gigi. Dan jika menyikat gigi, usahakan lidah juga dibersihkan dengan sikat gigi , karena banyak jamur dan sisa makanan yang menempel yang tidak bisa kita bersihkan kecuali dengan menggunakan sikat. Apakah tidak boleh makan permen, coklat dan eskrim Bu Dokter? Menurut  beliau boleh, tetapi tidak boleh berlebihan, dan setelah mengonsumsi makanan tersebut hendaknya berkumur jika tidak bisa menggosok gigi. Terimakasih Bu Dokter atas penjelasannya. (Anik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *