• ads

Mari Bunda! Kita Pantau Tumbuh Kembang Anak

By admin1
In TKIT Al Uswah
February 19, 2018
0 Comments
157 Views
ddtk 2

dok. Anik/TKIT

         Aluswah.com-Pertumbuhan dan perkembangan adalah merupakan proses yang terjadi pada tiap manusia. Terutama pada masa kanak-kanak, proses tumbuh kembangnya ini terjadi sangat cepat.

       Pertumbuhan yang terjadi pada seseorang tidak hanya meliputi apa yang terlihat seperti perubahan fisik tetapi juga perubahan perkembangan dalam segi lain, seperti berperasaan, tingkah laku dan lain lain.

        Pencapaian kemampuan pertumbuhan dan perkembangan tiap anak berbeda. Anak perlu dipantau sehingga kita tahu apakah ada permasalahan dengan tumbuh kembangnya.

         Kegiatan yang rutin dilakukan oleh sekolah yakni memantau perkembangannya sesuai dengan usianya, misalnya jika pada usia anak kelas TK A belum mampu berjalan diatas balok titian, maka tugas kita adalah menstimulusnya. Dari pengamatan kami selaku guru, ternyata ada beberapa anak  ada yang tidak bisa merangkak, tidak bisa melompat dengan menggunakan satu kaki(engklek).

         Dari observasi  yang kita lakukan ini, tugas kita selaku guru di sekolah adalah men-stimulusnya dengan meminta anak melakukan gerakan-gerakan yang memang belum tuntas. Dan, untuk mematau pertumbunannya, dilakukan penimbangan badan, pengukuran tinggi badan, lingkar kepala dan lingkar lengan, dan selanjutnya dilaporkan kepada orangtua. Selain itu ada pemberian makanan tambahan atau PMT.

       Hasil dari kegiatan deteksi dini tumbuh kembang anak ini, kita dapat mengidentifikasi ada tidaknya hambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika memang ada hambatan dalam tumbuh kembangnya, kita mengetahuinya sejak dini, sehingga untuk  menanganinya lebih mudah.

     Sekolah sangat mendukung program ini sebagai upaya kontrol yang kontinyu kepada anak didik. Mengetahui tum buh kembang anak selama proses pembelajaran di sekolah. Koordinasi dengan wali murid ayah/bunda menjadi suatu keharusan bagi kami. Bunda, mari kita sama-sama memantau tumbuh kembang anak sejak dini, yuk! (Crew/TKIT/ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *