• ads

Membangun Karakter ala Backpacker

By admin1
In Berita
February 6, 2017
0 Comments
356 Views

IMG-20170205-WA0001Pembelajaran di SMPIT Al Uswah tidak monoton dilakukan di dalam kelas. Banyak program kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas atau di luar sekolah. Program-program tersebut sangat menarik minat siswa. Misalnya saja integral learning, super camp, hiking, out bound, study tour, dan lain-lain. Dan satu program lagi yang tidak kalah menarik yaitu program Backpacking for building character.

Seperti kemarin, hari Sabtu dan Ahad, 4 – 5 Februari 2017, enam kelompok dari SMPIT Al Uswah diberangkatkan menuju Rembang Jawa Tengah. Kelompok yang terdiri dari enam hingga delapan siswa tersebut harus berangkat secara mandiri dengan menggunakan transportasi umum. Dengan bekal dan uang saku yang cukup, mereka harus tiba di titik kumpul yang sudah ditetapkan. Untuk bisa sampai ke tujuan, mereka harus mempelajari rute, kendaraan yang bisa mengantarkan mereka, hingga ongkos yang dibutuhkan. Ya, mereka sedang melaksanakan kegiatan Backpacking for building character.

Backpacking for building character atau disingkat BBC untuk kali pertama ini dilakukan di Desa Dadapan Kecamatan Sedan dan Juwana – Pati, Jawa Tengah. Karena kegiatan tersebut ala backpacker maka semua kebutuhan dan keperluan diambilkan dari bekal dan uang saku yang sudah diberikan. Mereka harus mengelola uang saku tersebut. Mulai dari kebutuhan makan, kendaraan, dan lain-lain.

Di Desa Dadapan, mereka harus menginap satu malam. Untuk mendapatkan tempat bermalam mereka juga harus mencari sendiri. Setiap kelompok satu rumah.  Mereka bermalam di rumah-rumah penduduk Desa Dadapan. Bukan sekedar bermalam, mereka juga belajar bertamu, berkenalan dengan warga, menjadi bagian dari keluarga meskipun hanya semalam. Mereka ikut mencuci piring, menyapu rumah, berbagi makanan dan berbagi cerita.

Usai bermalam di rumah penduduk di Desa Dadapan, esoknya mereka harus melanjutkan perjalanannya ke Juwana, tepatnya di Juwana Water Fantasy. Mengapa di JWF? Ya, harapanya tempat tersebut mampu menjadi penghapus lelah mereka. Setelah tuntas mengeksplorasi  JWF, sekitar pukul 14.30 masing-masing kelompok meninggalkan lokasi JWF dan kembali ke Tuban. Tiba di Tuban kembali sekitar pukul 16.40.

Begitulah sekilas tentang perjalanan mereka dalam kegiatan BBC di Jawa Tengah. Banyak pengalaman yang mereka dapatkan. Ada cerita yang lucu, seru, mendebarkan, dan menyenangkan. Bagaimana pengalaman mereka yang kebablasan karena baru pertama kali naik bus, pengalaman naik TOSSA karena tidak ada kendaraan lain, serunya mencari tumpangan untuk bermalam, bakar ikan bersama warga, dan pengalaman seru lainnya.

Semoga perjalanan dua hari dalam kegiatan BBC memberikan pengalaman yag berkesan. Pengalaman yang bisa diambil pelajaran. Bukankah guru terbaik adalah pengalaman? Experience is the best teacher. Rencanannya, pengalaman-pengalaman seru mereka akan ditulis menjadi sebuah catatan-catatan. Kita nantikan saja kisah-kisah seru mereka. Sukses buat siswa-siswi SMPIT Al Uswah, semoga BBC kali ini memberikan pengalaman yang paling mengesankan dalam hidupmu. (em/be)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *