• ads

Munaqosyah; Belajar Alquran Sekarang, Besok, dan Selamanya

By admin1
In SDIT Al Uswah
April 4, 2018
0 Comments
217 Views

foto 4Aluswah.com-Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Usswah Tuban selalu berinovasi untuk memberikan pembelajaran yang hakiki kepada siswa-siswinya. Baik dalam hal akademik maupun dalam program Alqurannya. Keduanya harus seimbang sesuai dengan visi sekolah, yakni saleh, cerdas, kuat, mandiri, dan berwawasan lingkungan.

Salah satu dari rangkaian pembelajaran Alquran di SDIT Al Uswah adalah munaqosyah. Munaqosyah adalah ujian akhir pembelajaran Alquran setelah anak-anak menyelesaikan buku WAFA jilid 1-5, Alquran 30 juz, Ghorib, serta Tajwid maka anak-anak berhak mengikuti munaqosyah atau ujian akhir pembelajaran Alquran metode WAFA. Yang telah lama dipakai media pembelajaran di sekolah Islamic Fullday School ini.

foto 3Munaqosyah diadakan setahun sekali dengan harapan anak-anak yang sudah siap tes bisa langsung mengikuti dengan baik. Adapun beberapa tahapan sebelum Munaqosah-pun dilakukan dengan ketat yaitu dengan adanya tes level setiap selesai 1 lembar tilawah diujikan kepada koordinator pembelajaran Alquran. Sebelum munaqosah diadakan, ada pramunaqosyah dahulu untuk menyaring siswa yang akan ikut ke munaqosah resminya. Ustad Ahmad Mafruhin, mengatakan Pra Munaqosah I, II, dan III sebagai tahap awal siswa menuju munaqosyah tahunan.

Munaqosyah kali ini telah dilaksnakan kemarin pada tanggal 24 Februari 2018 bertempat di Masjid SDIT Al Uswah. Bertindak sebagai Tim Penguji adalah Tim dari Yayasan Syafaatul Quran WAFA Surabaya, sehingga Insyaallah hasil ujian bisa lebih obyektif karena guru-guru pengajar Alquran di sekolah tidak terlibat dalam Tim Penguji.

Adapun materi yang diujikan dalam setiap kali Munaqosyah adalah adalah tartil, fashohah, ghorib, tajwid serta imla’ surat al Ikhlas, al Falah, dan an Naas. Munaqosyah kali ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 4,5, dan 6 sejumlah 105 anak. Alhamdulillah lebih dari 94% peserta dapat lulus dengan baik, sementara bagi anak yang belum lulus diberi kesempatan untuk tes ulang pada bulan April depan. Belajar Alquran harusnya tak pernah henti. Alquran sekarang, besok, dan selamanya harus membersamai setiap langkah kita.

Dari Abi Umamah ra. Berkata: Aku mendengar Rasulullah Saw. bersabda: “Bacalah Alquran, karena sesungguhnya Alquran itu pada hari kiamat akan memberikan syafa’at kepada pembacanya.” (HR. Muslim). (fit/crew/ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *