• ads

Penghijauan sebagai Amal Jariyah

By admin1
In Adiwiyata
February 12, 2018
0 Comments
219 Views

    oleh: Masruhin Bagus, M.A*peng 1


       Aluswah.com-Rasulullah bersabda: “Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan sedekah karenanya” (HR. Bukhari dan Muslim).

        Masih minimnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan perlu mendapat perhatian khusus. Karena jumlah pohon kita semakin hari semakin berkurang tanpa diimbangi dengan penanaman kembali. Seperti kita ketahui bahwa planet kita saat ini kehilangan lebih dari 15 Miliar pohon setiap tahun (setara dengan 48 lapangan sepak bola setiap menit).  Padahal, keberadaan pohon-pohon sangat vital bagi planet kita. Jika tidak ada kepedulian dari kita untuk menanam pohon, maka planet kita akan rusak.

         Di antara penyebab sedikitnya orang yang tertarik untuk peduli lingkungan karena belum adanya kesadaran tentang manfaat menanam pohon bagi kehidupan kita. Sehingga mereka menganggap tugas menanam pohon bukanlah tugas setiap orang. Selain itu, masih ada sebagian kita menganggap bahwa pekerjaan menanam pohon itu bukan dari amal saleh, bukan suatu ibadah yang bernilai akhirat. Betulkah demikian?

          Perintah menanam pohon merupakan perintah agama. Menjadi sedekah bagi yang menanamnya. Sebagaimana hadits Rasulullah : “Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan sedekah karenanya” (HR. Bukhari dan Muslim).

peng 2        Dari hadits di atas menunjukkan bahwa sedekah untuk semua jenis hewan dan makhluk bernyawa di dalamnya terdapat pahala. Sehingga seorang muslim jangan pernah khawatir bahwa pekerjaan menanam tanaman tak akan pernah rugi di sisi Allah SWT, sebab tanaman tersebut akan dirasakan manfaatnya oleh manusia dan hewan, bahkan bumi yang kita tempati. Tanaman yang pernah kita tanam lalu diambil oleh siapa saja, baik dengan jalan yang halal, maupun jalan haram, maka kita sebagai penanam tetap mendapatkan pahala, sebab tanaman yang diambil tersebut berubah menjadi sedekah bagi kita.

        Maka sebagai seorang muslim, perintah menanam pohon atau tanaman tidak saja bermanfaat ketika di dunia tapi juga berpahala kelak di akhirat. Bahkan para ahli ilmu mengatakan bahwa menanam pohon termasuk sedekah jariyah. Selama pohon tersebut masih memberikan manfaat bagi makhluk bernyawa lainnya, menjadi amal jariyah bagi penanamnya. Pahalanya terus mengalir sekalipun penanamnya sudah tiada.

        Jadi, menghijaukan lingkungan dengan tanaman yang kita tanam merupakan sedekah dan amal jariyah bagi kita -walau telah meninggal- selama tanaman itu tumbuh atau berketurunan. Akhirnya, mari kita bersama-sama melakukan gerakan menanam pohon untuk kelestarian lingkungan kita. Minimal satu pohon selama hidup kita. Semoga dengan menanam pohon yang bermanfaat menjadi amal jariyah kita. Aamin. Wallahu a’lam.

*Kepala SMAIT Al Uswah Tuban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *