• ads

Resensi Antologi Parenting LPIT Al Uswah; Generasi Qurani Pengukir Peradaban

By admin1
In LPIT Al Uswah
March 26, 2018
0 Comments
84 Views

Buku 1

Alquran: Rujukan Agung untuk Penguatan Karakter

Judul Buku : Generasi Qurani Pengukir Peradaban
Penulis : Guru Quantum LPIT Al Uswah Tuban
Penerbit : Media Grafika Printing
Genre : Non Fiksi/ Pendidikan
Cetakan : 1/ Februari 2018

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat.” Pramudia Ananta Toer.

Maksudnya, menulis mempunyai peran yang sangat luas, tidak terbatas tempat. Menulis juga berarti mengarsipkan dan mewariskan pemikiran, sehingga selama dokumen ini masih dijaga, isinya akan abadi.

Karena pentingnya menulis, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mencanangkan Gerakan Literasi Nasional pada tanggal 28 Oktober 2017. Gerakan nasional ini dianggap penting dan kontekstual untuk diterapkan karena semakin hari arus informasi dunia semakin cepat diserap. Gerakan nasional ini digagas bukan sekedar untuk mengasah kecerdasan literasi masyarakat, tetapi juga sebagai upaya penguatan karakter bangsa. Untuk itu sekolah sebagai rumah belajar formal para pemuda-pemudi pemimpin Indonesia mas a depan, menjadi tempat strategis untuk memulai gerakan literasi ini.

Dalam acara Rembug Komunitas (REKOM) yang diadakan Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, pendidik sekaligus satrawan, Dr. Sariban menyampaikan tagline Satu Sekolah Satu Buku, sebagai target yang ingin diraih Ikatan Guru Indonesia Cabang Tuban. Sejumlah sekolah dari jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas di lingkungan Kabupaten telah me-launching buku produk literasi sekolah satu per satu. Dalam euvoria literasi ini, Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Al Uswah Tuban tidak ketinggalan.

Buku “Generasi Qurani Pengukir Peradaban” merupakan karya pertama Ustaz-ustazah dari berbagai jenjang sekolah di LPIT AL Uswah Tuban yang tergabung sebagai Guru Quantum LPIT Al-Uswah Tuban. Buku antologi ini terdiri dari 5 topik esai mulai dari Alquran, akhlaq, anak dan keluarga, pendidikan, hingga kepemimpinan. Pada tema Alquran Ustaz Abdul Azis Darji (ahli sejarah peradaban Islam di Tuban) dan Ahmad Muadzin (Direktur LPIT Al Uswah Tuban) menyuarakan bagaimana mendidik anak agar dekat dengan Alquran serta betapa besar peran generasi Qur’ani masa depan untuk menjaga peradaban. Nur Hidayati, ustazah SMAIT Al Uswah Tuban sekaligus pegiat literasi nasional dan regional, tidak melewatkan kesempatan untuk berbagii oleh-oleh cerita dari Jerman melalui tulisan tentang nilai Qurani di negeri sekular. Esai tentang Alquran dalam ranah pendidikan lainnya ditulis dengan sangat menarik oleh Ustaz Shobirin (SMPIT), Tri Mulyanti (SMPIT), Ikhwan Fahrudin (SDIT), Lailatul Fitria (SDIT), dan Anik Sriani (TKIT)

Pada topik akhlak, buku ini dimeriahkan oleh gagasan direksi LPIT AL Uswah Tuban, Ustaz Moenir, Ustazah Juwita Kridha Wicaksini serta Ustazah Peni Agustini. Kepala SMPIT dan SDIT, Ustaz Mohammad Sahlan dan Ustaz Mulyadi turut berbagi tulisan masing-masing dalam Memilih Bertumbuh dan Memaknainya serta Sudahkah Kita Salat Khusyu’?
Ustazah Ratna Dwi Kartika, jajaran pendiri LPIT Al Uswah yang saat ini mengepalai Dompet Sosial Al Uswah, menuturkan why and how menumbuhkan majelis keluarga. Diikuti Ustaz Masruhin Bagus (Kepala SMAIT), Ustazah Rahayu Sulistianarini (Kepala TKIT), Ustazah Sri Indah Rinawati (Kepala KBIT) serta Ustazah Susmiati Andayani (Kepala TPAIT) yang berkisah tentang pengalaman dan keseharian membina siswa-siswi dengan kekhasan usia dan fase masing-masing.

Dengan sajian diksi sederhana, materpiece LPIT Al Uswah Tuban ini menarik untuk dicemil di segala saat dan tempat. Buku pertama ini sama sekali tidak terkesan ditulis oleh pemula. Faktanya, para kontributor memang telah terbiasa dengan aktivitas literasi yang diwadahi oleh majalah Al Uswah Tuban. Terkait konten, buku ini sebenarnya akan lebih menarik jika para penulisnya tidak lagi menggagas teori. Tulisan yang lahir dari jam terbang tinggi para praktisi pendidik LPIT Al Uswah Tuban ini lazimnya mampu menjadi potret tentang bagaimana Islam dan nilai-nilai Al quran di dalamnya mampu diinternalisasikan melalui dialog guru dan siswa sehari-hari, di bawah atap sekolah bernama Al Uswah Tuban.

Over all, buku ini penting diburu oleh guru, orang tua maupun pakar pendidikan tentang Alquran dan pendidikan karakter. Untuk sekolah yang hendak merumuskan bagaimana produk sekolah akan disajikan, buku ini bisa menjadi referensi. Buku ini memperkaya khazanah literasi tanah air tentang penguatan pendidikan karakter dengan sumber paling agung: Alquran. (crew/ed)

Peresensi: Nur Hidayati, S.Th.I., S.Pd

catatan: Buku tersedia di Uswah Business Community (UBC) dengan harga 45K. Pre Order via 085852122855 atau 081615344974

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *