• ads

Salat Jumat Perdana di Masjid Sabilillah Tuban

By admin1
In Berita
March 30, 2018
0 Comments
82 Views

yt1Aluswah.com-Kondisi terkini setelah masjid Yayasan Sabilillah setelah dirawat oleh Dompet Sosial Al Uswah (DSU) Tuban dan masyarakat peduli masjid mulai difungsikan sebagai mana mestinya. Setelah vakum di kurun waktu hampir 15 tahun dari aktivitas syiar masjid. Dahulu masjid ini kurang terawat dan halamannya tumbuh semak belukar, tetapi sekarang nampak ramai jamaah dan terlihat bersih. Banyak masyarakat yang singgah untuk beribadah sejenak menunaikan kewajibannya.

Jumat (23/5/2018) di masjid Sabilillah yang berada di kawasan di tepi jalur pantura Tuban, tepatnya di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang melaksanakan salat Jumat berjamaah perdana. Masyarakat sekitar, relawan, pasukan pramuka, dan pengurus DSU Tuban serta takmir masjid khusu’ berjamaah di masjid tersebut.

Kurang lebih seratus jamaah yang berasal dari berbagai masyarakat, dan pengendara yang melintas di lokasi ikut menunaikan ibadah salat. Dalam khutbahnya, Khatib salat Jumat menyampaikan pesan kepada jamaah agar senantiasa meningkatkan iman dan takwa.

Abdul Azis Darji, ketua takmir masjid Sabilillah, mengatakan dulu kondisi masjid itu nampak tidak terawat, dan sekitar bangunan masjid ditumbuhi oleh semak belukar. Selain itu hampir 15 tahun masjid vakum dari aktivitas syiar masjid. Tetapi kini masjid itu telah bersih dan bisa digunakan untuk salat berjamaah. Ustaz Aziz-sapaan akrabnya- didapuk sebagai khatib dengan tema khutbah “Cara Rasulallah Memakmurkan Masjid” yang pas dimomen salat jumat perdana ini.

“Hari Jumat ini menjadi awal salat Jumat perdana, dan kedepan akan berjalan kegiatan salat 5 waktu, serta ada kegiatan atau kajian-kajian keilmuan,” ungkapnya, (Jumat (23/3/2018).

Ia berujar, salat jumat perdana di masjid Sabilillah ini juga banyak mengundang simpati warga. Setelah salat Jumat juga berlangsung pertemuan pengurus untuk pembahsan program-program masjid kedepan.

“Masjid Sabilillah ini menjadi masjid yang potensi, karena letaknya yang di pinggir jalan dan lahan yang ada disekitarnya luas,” ujar Abdul Azis Darji, yang juga ketua Korda JSIT Tuban ini.

Ia melanjutkan, secara konsep masjid ini akan di buat masjid ecogreen dan sebagai pusat pendidikan dan bumi perkemahan, “Semoga kedepan keberadaan masjid ini menjadi masjid kebanggaan warga Tuban dan sekitarnya,” tutupnya. (crew/ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *