• ads

Satu Kata yang Saya Baca, Sejuta Inspirasi

By admin1
In TAIT Al Uswah
February 15, 2018
0 Comments
117 Views
foto membaca buku 3

dok. Nana/TPAIT

       Aluswah.com-Buku adalah jendela dunia. Ungkapan tersebut sudah sangat sering kita dengar, menyiratkan bahwa dengan buku kita bisa tahu tentang apa saja. Sudah seharusnya buku menjadi salah satu benda wajib yang harus dikenalkan sejak masih anak-anak.

       Sehingga setiap hari Jumat pekan pertama di TPA IT ada program Story Day, yaitu program untuk mengenalkan buku cerita pada anak-anak. Buku cerita yang di pakai Ustazah pun buku yang bergambar sehingga anak-anak akan semakin tertarik.

        Dalam mengenalkan buku cerita pada anak-anak ustazah akan memulai dengan pertanyaan sederhana terlebih dahulu. Misalnya hari itu buku yang dibawa Ustazah tentang binatang laut maka yang ditanyakan pun seputar binatang dan kehidupan yang ada di laut. Setelah itu Ustazah akan bercerita dan menjeaskan gambar yang ada di buku satu per satu.

           Kegiatan tersebut adalah salah satu tahap stimulasi kemampuan bahasa dan komunikasi yang sangat menarik untuk anak-anak, karena saat bercerita akan ada berbagai pertanyaan yang diajukan pada Ustazah sehingga dapat melatih kosa kata, interaksi verbal dan daya imajinasi. Selain itu melalui membaca buku juga dapat menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi pada gambar-gambar yang ada di dalam buku.

         Dengan mengenalkan buku sejak usia dini ustazah berharap kelak ketika dewasa mereka bukan hanya bisa membaca tapi juga suka membaca buku. Karena dengan membaca buku mereka bisa melihat indahnya alam semesta yang Allah ciptakan untuk manusia. Semakin banyak buku yang dibaca akan semakin luas wawasan dan penetahuan yang dimiliki oleh seseorang.

        Satu kata yang dibaca saat ini oleh anak-anak, akan memunculkan sejuta inspirasi yang berjuta makna. mereka akan tumbuh kembang menjadi generasi pembelajar yang siap mencetak sejarahnya. Banyak pemimpin hebat zaman now yang di usia sekolahnya tak lepas dari buku. inilah yang kita terapkan sejak dini untuk anak-anak TPA IT Al Uswah Tuban, kelak mereka akan menjadi bagian dari sejarah perabadan dunia. Aamin. (Crew/TPAIT/ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *