• ads

SUMBER ENERGI ALTERNATIF DI ALAM

By admin1
In Artikel
October 24, 2016
0 Comments
310 Views

Aprilyana Rachmawaty, S.Pd

Guru TAIT Al Uswah Tuban

Aluswahtuban.com – Energi alternatif adalah energi yang digunakan untuk menggantikan energi dari minyak bumi. Energi alternatif sangat diperlukan karena sumber energi yang ada saat ini semakin menipis dan tidak dapat lagi diandalkan sebagai sumber energi utama. Saat ini orang-orang diseluruh dunia sudah mulai memikirkan sumber energi alternatif tersebut, karena energi alternatif sangat melimpah di alam dan bisa digunakan terus-menerus. Di era modern ini sudah banyak negara-negara maju yang mulai beralih ke pemanfaatan energi alternatif yang ramah lingkungan. Di Indonesia sendiri energi alternatif penggunaanya belum maksimal, padahal Indonesia dikaruniai sumber daya alam yang melimpah baik yang bisa diperbaruhi maupun yang tidak bisa diperbaruhi. Sumber energi alternatif yang ada di Indonesia antara lain :

  1. Matahari

Matahari adalah sumber energi utama di bumi. Indonesia sebagai negara tropis tentu mendapatkan sinar matahari yang melimpah sepanjang tahun. Sinar dan panas matahari telah dimanfaatkan oleh manusia sejak ribuan tahun lalu untuk keperluan seperti menjemur hasil panen, menjemur ikan, membuat garam dan sebagainya. Semakin berkembangnya zaman, saat ini energi matahari juga dapat diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan sebuah alat yang disebut sel surya. Adapun keuntunga dari energi matahari ini adalah jumlah energi yang tidak terbatas.

  1. Panas Bumi

Energi panas bumi adalah energi yang terdapat di dalam bumi. Terdapat 3 sumber panas geotermal yang utama yaitu uap alam, air panas, dan batuan kering panas. Sejauh ini uap geotermal telah dipakai untuk pembangkit listrik sedangkan batuan kering panas masih diteliti untuk penggunaan yang tepat.

  1. Angin

Energi angin berasal dari hembusan angin. Belanda adalah negeri yang telah lama menggunakan kincir angin untuk sumber energi. Energi angin juga dapat menghasilkan energi listrik yaitu dengan menggunakan generator.

  1. Gas Alam

Gas Alam adalah gas yang terkumpul dibawah tanah yang bertekanan tinggi. Gas alam yang telah diolah kemudian dikenal dengan nama LPG. Gas alan ini juga sudah banyak digunakan untuk pembangkit listrik ( PLTG ).

  1. Biomassa

Biomassa adalah massa tumbuhan dan kotoran hewan yang dapat memberi energi baik dengan dibakar langsung ataupun setelah di ubah menjadi bahan lain. Kayu masih menjadi sumber yang palimg umum dari energi biomassa. Dalam pengolahannya biomassa mengeluarkan gas yang kita kenal dengan biogas. Biogas ini dapat digunakan untuk bahan pengganti LPG ( pengganti bahan bakar kompor). Selain itu nergi biomassa juga termasuk salah satu energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Penjelasan di atas hanya contoh kecil sumber energi alternatif yang ada di Indonesia. Tentu saja masih banyak lagi sumber energi alternatif yang lainnya. Memang energi alternatif berbiaya mahal tapi bukan tidak mungkin untuk memanfaatkannya secara maksimal. Apalagi ketersediaan energi adalah salah satu faktor penting untuk keberlangsungan sebuah negara.

Foto : Internet

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *