• ads

Taman Ku Indah, Nyaman Belajarku

By admin1
In Adiwiyata
March 2, 2017
0 Comments
162 Views

P_20170111_103509Di tengah hiruk pikuk kota Tuban, taman merupakan tempat yang nyaman buat santai. Melepas penak sejenak untuk sekedar menikmati keindahan dan udara yang sejuk.  digunakan sebagai tempat bersantai, penghilang stress, piknik, belajar, dan kegiatan outdoor bagi anak-anak.

Sebagai Sekolah yang menjalankan program Adiwiyata Mandiri Nasional. SDIT Al Uswah Tuban konsisten mengawal kurikulum berbasis lingkungan. Termasuk salah satu komponen program Adiwiyata adalah taman sekolah yang asri.

Dalam hal ini mewujudkan sekolah yang bersih, sehat, dan rapi. Bagi para siswa, kegiatan partisipasi mendukung program Adiwiyata. Diantaranya piket kelas, Jumat bersih, kegiatan kebersihan yang berbasis ekstrakurikuler. Penelitian tugas akhir berorientasi terhadap lingkungan. Jajan dengan konsep nol plastik. Membawa tempat makan dan minum dari rumah. Ikut serta dalam pengolahan kompos, bakti sosial, berkebun, dan sekolah sehat.

Adiwiyata sebagai tempat baik dan ideal untuk memperoleh segala ilmu pengetahuan juga berbagai norma dan etika. Hal ini bisa menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Tujuan program Adiwiyata yakni mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

P_20170111_105755Pada 3 Januari 2017 silam, telah selesai dibangun taman ramah anak. Yang didesain dengan konsep khas Al Uswah. Terdapat penambahan tanaman dan rumput taman yang baru. Menambah kesan alam yang begitu kental di lingkungan SDIT Al Uswah Tuban.

“Memang sudah termasuk bagian program dari sekolah. Untuk perbaikan dan pembaruan taman yang sejalan dengan Adiwiyata. Biasanya kami lakukan satu tahun sekali.  Ucap Ust Ni’amur Rahman selaku wakil kepala sarana dan prasarana.

Wakil Kepala Sarpras tersebut menambahkan, taman sekolah diperbaharui dengan tujuan menambah variasi proses pembelajaran peserta didik. Mampu menjadi tempat belajar luar ruangan bagi ustad-ustadzah menjadikan anak-anak untuk tidak bosen”. Tutupnya.

Sedangkan Kepala Sekolah SDIT Al Uswah Tuban, mengatakan, “taman siswa diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang nyaman. Sudah menjadi keharusan untuk sebuah instansi. Apalagi lembaga pendidikan berbasis Adiwiyata Mandiri Nasional”.

Ustad Sahlan melanjutkan, “Taman tidak hanya sebagai hiasan semata. Namun, bagian dari proses pembelajaran yang didalamnya terdapat muatan merencanakan, merawat, menyanyangi, proses tersedianya oksigen, ekosisitem dan banyak hal positif lainnya”. Tutupnya.  (Fahry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *