Tugas Akhir, Gerakan Membangun Kualitas Belajar Siswa

By admin1
In Berita
June 17, 2017
0 Comments
140 Views

safa 5bSekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Uswah Tuban dengan serius mengawal proses pembelajaran yang terpadu kepada siswa. Banyak hal yang telah disiapkan pihak lembaga untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Salah satu hal yang rutin diterapkan yakni Tugas Akhir (TA).

SDIT Al Uswah Tuban tak henti-hentinya terus mendorong siswa-siswinya mengembangkan ide, kreativitas dan inovasi.  Pada Jumat (2/2/2017) seluruh kelas 5 A-D digelar ujian Tugas Akhir selama tiga hari berturut-turut bertempat di kelas 5 D dan di ruang Multimedia SDIT Al Uswah Tuban. Dengan tim penguji tiga dewan guru yakni Ustaz Masruhin, MA., Ustaz Tarju, A. Ma., Ustazah Rita Fatmawati, S. Tp.

Mereka (siswa-siswi, red) secara bergilirian mempresentasikan inovasi produk yang telah dibuat didahapan para penguji dan teman-temannya. “Tugas akhir yang mereka buat sebagian besar murni ide dan gagasan mereka sendiri. ada yang segmentasinya ke penelitian ilmiah, handmade, pendidikan, studi kasus dan art (seni).” ujar Ustazah Dewi Yulianis selaku penanggungjawab TA tahun ajaran 2016/2017.

Ustazah Dewi –sapaan akrabnya- menambahkan, “Program TA kali ini telah berjalan dengan lancar dan memunculkan beberapa karya yang unik dan luar biasa.  Misalnya, Athalla kelas VA yang bisa membuat alat penangkat sigyal wifi dari perlengkapan dapur rumahan. Ada  Farros kelas V A, menciptakan alat pendingin minuman sederhana dari es batu sterofoam yang dikombinasikan dengan aliran listrik. Abrar VA yang mampu membuat miniatur rumah dari stik es krim. Husain VB membaut tempat sepatu dari kardus bekas. Dan masih banyak lagi yang lainnya.” tukasnya.

Selain itu ada juga Safa 5C, Sania 5D, yang menciptakan alat kreatif. Ini tak lepas dari peran pembimbing TA dan orangtuanya yang selalu memberikan pendampingan yang maksimal. Siswa-siswi ini adalah aset negeri yang perlu dikembangkan lebih jauh lagi.

“Bagi anak yang mendapatkan nilai tertinggi dari penguji, nantinya ada reword dari kami selaku penyelenggara. ini sebagai bentuk apresiasi dari kami untuk mereka yang telah memberikan yang terbaik bagi dirinya dan lembaga.” katanya seusai penutupan acara TA di Multimedia.

Sementara dari Waka Kurikulum SDIT Al Uswah Tuban, Ustaz Mulyadi menjelaskan, Tugas Akhir (TA) merupakan turunan dari Quality Asurans (QA) kami. Sejak 2008 sudah ada sebagai prasyarat kelulusan siswa. Dengan pembimbing khusus yang telah mempunyai track record (rekam jejak) yang bagus di bidang karya tulis.

sania 5cTujuan dari TA ini yakni, pertama, siswa melek Informasi dan Tehnologi (IT). Dalam era keterbukaan yang bertumbuh pesat dewasa ini perlu kiranya siswa bisa menggunkan IT. Sebab, meraka di zona generasi Z menuju ke generasi alpha yang genjar akan perkembangan tehnologi. Siswa harus bisa, mengolah data dan menyajikan dalam presentasi, menulis sesuai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI), membuat dan mempresentasikan dalam bentuk Power Point, berfikir kritis, membuat karya mandiri, berinovasi, dan dibuktikan dalam bentuk karya ilmiah.

Kedua, mampu mempraktekkan pembelajaran di kelas III-V yang menyangkut materi yang didapatkan. Selanjutnya diwujudkan dalam bentuk karya di TA. Tentu siswa diberi kebebasan dalam menentukan jenis karyanya. Nah, peran pembimbing cukup vital disini. Yaitu menjadi curahan hati siswa dalam proses menyelesaikan TA. Jelas pria yang bertempat tinggal di kelurahan Panyuran tersebut.

Harapannya, lanjut Ustaz Mulyadi, kedepan TA menjadi pilar yang penting bagi lembaga. Siswa mampu membuat penelitian/praktek/penemuan karya yang bisa mendongkrak kualitas keilmuan siswa dan lembaga. Bisa mengerjakan hal-hal yang bersifat menantang dan kekinian. Sebab, ujian yang demikian ini akan selalu ditemui dan dibutuhkan siswa di jenjang sekolah menengah hingga perguruan tinggi.

Siswa yang sejak dini telah dilatih hal yang demikian, kami yakin kedepan mental anak berlatih keras untuk menjadi pribadi yang tangguh. Semua ini untuk membangun kualitas belajar siswa. Tutupnya sambil tersenyum. (Fahry*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *